Minggu, 26 Februari 2017

Lirik dan Makna Lagu Daerah Lombok NTB "Kadal Nongak"

Kadal nongaq leq kesambiq
Benang kataq setakilan
Aduh dende..
Mun cempake siq kembang sandat
Saq sengake jari sahabat

Tajah onyak ndek ne matiq
Payu salaq kejarian
Aduh dende..
Mun cempake siq kembang sandat
Saq sengake jari sahabat

Sahabat inilah makna dari sebuah lirik lagu "Kadal Nongak"

lagu kadal nongak merupakan lagu yang berasal dari pulau lombok. Lagu kadal nongak merupakan bentuk  syair nasihat yang sering kali diberikan untuk menjadi didikan terhadap anak-anak di tingkat sekolah dasar hingga menengah. Karna di dalam lagu ini memiliki nasihat yang sangat penting. Menurut keterangan narasumber, lagu kadal nongak ini berasal dari kisah ketika seorang anak gadis (berasal dari keluarga Kerajaan Selaparang di pulau Lombok) yang tidak mendengar kata-kata kakaknya (beliau adalah seorang pangeran) sehingga mendapat ganjaran atas kesalahan yang diperbuatnya sehingga ibunya (Permaisuri raja) yang dilanda rasa iba mencoba menasehati sang buah hati dengan cara menyairkannya. Lagu ini kemudian menjadi sangat populer beriring dengan tobatnya sang putri dan membudaya di masyarakat Lombok. Kini lagu tersebut telah menjadi salah satu lagu daerah yang termuat pada pelajaran Mulok (Muatan Lokal) sekolah di Lombok.
Makna syair nasihat Kadal Nongak 
  • Kadal Nongak artinya adalah kadal yang menghadap atas
  • Leq Kesambiq artinya di pohon kesambiq (berduri)
  • Benang kataq artinya benang yang mentah (telah rapuh di makan usia)
  • Setekilan artinya satu gantung besar nan padat dan penuh.
  • Tajah Onyak artinya dinasehati dengan baik-baik
  • Deq Ne Matiq artinya tidak mau mendengar 
  • Payu Salaq Kejarian artinya sehingga terkena kualat.
  • Aduh Dende adalah sebutan atau bahasa halus ala suku sasak untuk menegur seorang gadis dengan penuh kasih sayang. 
  • Mun Cempake siq kembang sandat artinya bunga cempaka dan bunga labu
  • Saq Sengake jari Sahabat artinya (semestinya) yang lebih tua itu dijadikan sahabat, sehingga mesti di dengar nasihatnya.
Filosofinya,  sang putri, dalam hal ini, diumpamakan sebagai seorang kadal yang notabenenya ada di tanah . Namun, sang ratu memposisikan kadal yang bertahtakan pohon berduri itu menghadap ke atas, ia seolah angkuh dan acuh terhadap apa yang sedang ia pijaki. Begitulah, sang putri yang angkuh tidak menyadari dirinya bahwa sebenarnya tahta yang ia miliki adalah duri baginya yang berbuah kualat. Tindakan putri yang tidak mendengar kata kakaknya membawa sang putri merasa tersisihkan di masyarakatnya sendiri.  Seorang Kakak Mestinya Menjadi Sahabat bagi sang Adik. Lagu kadal nongak merupakan salah satu lagu daerah lombok yang memiliki nilai- nilai yang mendidik. Lagu ini menjadi syair nasehat dan diajarkan pada hampir seluruh sekolah dasar di Lombok. Lagu kadal nongak  menjadi salah satu materi dalam mata pelajaran muatan lokal. Lagu ini mengandung  nilai sosial dan pendidikan. Nilai- nilai sosial yang di anut dalam syair kadal nongak ini adalah nilai seni. Lagu ini menjadi populer di kalangan masyarakat suku sasak dan sering dinyanyikan oleh ibu- ibu untuk anaknya. Selain nilai seni, juga mengandung nilai persahabatan, di mana makna darilagu ini adalah kita harus bersahabat dengan orang yang lebih tua dan mesti mendengar nasihat- nasihatnya. Sedangkan nilai pendidikannya adalah tidak boleh angkuh, sombong dan mendengarkan nasihat orangtua.
sumber : berbagai sumber

1 komentar:

  1. Where to Buy Titanium trim - TitaniumArts
    The main components of the components are the titanium watch band electrolytic capacitors and the platinum titanium rings dioxide oxidizer. The copper columbia titanium pants dioxide oxidizer titanium flask also makes titanium network surf freely

    BalasHapus